Metode Tanam Cabai Keriting

Tahukah Anda tentang Metode Tanam Cabai Keriting? Penyuka pedas, namun harga cabai tiba-tiba melonjak gila-gilaan? Tidak ada salahnya menanam sendiri cabai.

Namun agar berhasil, anda harus mengetahui cara budidaya cabai keriting yang benar.

Tidak asal ditancapkan. Meskipun demikian, sebenarnya jenis tanaman ini adalah tanaman yang dapat dikembangkan dalam media-media polybag atau paralon.

Sehingga jika tidak mempunyai lahan pekarangan yang luas, anda tetap dapat mencoba menanam cabai.

Namun tidak ada masalah jika anda memang mempunyai lahan untuk menanam. Tinggal siapkan saja tanahnya dan mengaplikasikan cara menenam cabai keriting yang benar, maka anda akan mendapatkan hasilnya.

Berikut ini beberapa pengetahuan mengenai cabai keriting:

  1. Cabai keriting ditanam dari benihnya. Pembenihan dapat dilakukan sendiri dari biji yang awalnya direndam dan disemai. Butuh waktu sekitar 3 minggu sebelum benih tersebut dapat ditanam.
  2. Pohon cabai keriting tidak dapat ditanam setiap waktu, tergantung musimnya.
  3. Musim yang cocok untuk menanam adalah akhir musim panas dan belum terlalu banyak curah hujan.
  4. Tanah yang digunakan tidak boleh terlalu asam. Untuk diketahui PH tanah paling tinggi adalah 14, dan paling rendah adalah 1. 7 cenderung netral. Cabai keriting cocok di tanah yang PH nya dibawah 7 sampai 5 minimal.

Metode Tanam Cabai Keriting

Setelah anda mengetahui beberapa hal diatas, maka yang harus anda perhatikan selanjutnya dalam metode tanam cabai keriting adalah penyiapan lahan. Antara lain sebagai berikut:

  1. Buat tanah menjadi gundukan-gundukan dengan lebar antara 1 meteran. Diberi lubang di masing-masing gundukan tersebut untuk menanam biji. Jaraknya sekitar setengah meter untuk memberi tempat bagi cabai untuk berkembang.
  2. Jika tanah yang anda gunakan terlalu asam, atau PH nya terlalu rendah. Maka dapat digunakan kapur untuk menaikkan ph nya. Namun jika pH terlalu tinggi, atau kondisi tanah basa, maka dapat digunakan belerang atau sulfur
  3. Perbanyak pupuk kompos di tanah ini. Diamkan dulu tanah yang telah disiapkan diatas sampai sepekan, baru tanah siap ditanami
  4. Ada baiknya membungkus tanah yang akan ditanami tersebut dengan plastic. Sehingga ketika hujan mulai turun, gundukan tanah tidak luruh terkena air.

Semoga dengan memperhatikan beberapa metode tanam cabai keriting ini, anda terisnspirasi untuk menanam sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *