Teknik Budidaya Hewan Sapi

Teknik budidaya hewan sapi sering kita lihat didaerah pedesaan. Seperti yang sudah kita ketahui, sapi memiliki banyak manfaat dari susunya yang menyegarkan dan memiliki banyak gizi untuk tubuh, dagingnya pun sangat diminati masyarakat.

Teknik Budidaya Hewan Sapi

Biasanya daging diolah menjadi sate, gule dan sebagainya. Dilihat dari manfaatnya beternak sapi dapat sangat menguntungkan, namun kita harus mengetahui bagaimana cara membudidaya yang baik, berikut ini beberapa hal yang patut untuk diketahui.

1. Menetukan Jenis, dan Umur Sapi Yang Digemukan

Teknik budidaya hewan sapi yang pertaman ialah menentukan jenis sapi yang akan digemukan.

Sapi jenis Limosin dan Simetal lah yang bagus digunakan karena memiliki kenaikin berat badan yang tinggi yaitu 1.5-2 kg/hari.

Umur yang ideal untuk penggemukan berkisar 2-2.5 tahun karena pada umur tersebut tulang sapi sudah terbentuk dengan baik.

Agar dapat mengetahui umur sapi dapat kita lihat melalui giginya, untuk usia 2 tahun gigi serio sudah berganti besar 2-4 buah. Apabila lebih berarti usia sapi sudah melebihi 3 tahun.

2. Jangka Waktu Penggemukan

Jangka waktu penggemukan dalam cara budidaya hewan sapi hanya menyesuaikan dari sang peternak.

Maksudnya setiap peternak memiliki tujuan yang berbeda ada yang menginginkan jangka waktu pendek atau jangka waktu panjang. Berikut cara memilih sapi berdasarkan jangka waktunya:

  • Kategori jangka pendek (3-4 bulan), memilih sapi berusia 2-2.5 tahun dan berbobot 350-500kg.
  • Kategori jangka panjang (6-12 bukan), memilih bibit sapi agak muda memiliki bobot 250-350kg.

3. Pakan yang diberkan

Inilah hal terakhir dari teknik budidaya hewan sapi, pakan yang diberikan adalah campuran antara pakan hijauan dan konsentrat. Untuk menghemat biaya sebaiknya lebih memperbanyak pakan hijauannya.

Sedangkan waktu pemberian pakan dilakukan pada pagi dan sore hari masing-masing sebanyak 10 kg. Jenis pakan hijauannya dapat menggunakan jerami atau rumput gajah.

karena pakan merupakan hal yang terpenting dalam menentukan kualitas penggemukan sapi maka sebaiknya jerami atau rumput gajah yang didapat dilakukan fermentasi telebih dahulu agar dapat menghasilkan pakan yang memiliki kandungan nutrisi lebih banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *