Cara Mengatasi Hacking Pada CMS WordPress

Website Anda baru saja di hack, lantas bagaimana Cara mengatasi Hacking Pada CMS WordPress ? Tampilan pada halaman website Anda akan ditulisi tulisan Hacked by Hacker.

Pembuat tulisan tersebut tidak lain adalah hacker itu sendiri. Namun, tak perlu khawatir, Anda masih bisa memperbaiki website Anda dan meningkatkan proteksi dua kali lipat lebih ketat.

Cara Mengatasi Hacking Pada CMS WordPress

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi website yang baru saja terkena hack:

1. Hapus Log Aktivitas Anda

Anda dapat menghapus isi index.html dan index.php untuk menghilangkan tulisan Hacked by Hacker. Ketikkan kode basic yang baru untuk mengisi kolom tersebut.

2. Nyalakan Log Archiving

Selanjutnya, Anda dapat mengaktifkan fitur log archiving dengan menggunakan cara berikut ini:

  • Login ke cPanel > Raw Log Manager
  • Cek pada kotak “Archive Logs”.
  • Hilangkan centang pada kotak “Remove the previous month’s archived logs”
  • Klik Save

3. Buat Website Menjadi Offline

Sebagai langkah darurat Anda harus menon-aktifkan website yang baru saja di hack terlebih dahulu. Kemudian lakukan penguncian pada situs tersebut agar hacker tidak dapat masuk kembali.

4. Penggantian Password Secara Menyeluruh

Segala keperluan website Anda baik di Cpanel, wordpress dan lain-lain yang menggunakan username dan password sebaiknya harus diganti.

Selain itu, Cara Mengatasi Hacking Pada CMS WordPress juga dapat berupa melakukan upgrade pada semua versi aplikasi yang digunakan di website Anda.

Karena pada dasarnya, versi yang lebih tinggi bisa menutupi kekurangan dari website lama. Lalu rajinlah untuk membersihkan cache yang terdapat pada perangkat Anda, karena hacker dapat masuk menyerupai virus.

Untuk mencegah hacker membobol website Anda, tingkatkan proteksi pada website tersebut.

Namun, jika website sudah terlanjur di hack maka gunakan Cara Mengatasi Hacking Pada CMS WordPress yang diberikan diatas.

Apabila Anda tidak bisa menyelesaikan permasalahan website hacked tersebut sebaiknya Anda meminta bantuan orang yang lebih ahli atau menghubungi layanan penyedia hosting untuk memberikan bantuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *